Abstract :
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh kualitas jasa,
komunikasi dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di PT Multi konsulindo
Sukses Makmur. Penelitian ini menetapkan cara pengumpulan data primer dengan
menggunakan metode angket. Sebuah kuesioner penjelasan identitas diri dibagikan
kepada konsumen untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasaan
konsumen sehingga menggunakan jasa perusahaan tersebut. Penentuan sampel
menggunakan teknik sampling jenuh yang menggunakan semua angka populasi
sebagai sampel yakni 148 konsumen PT Multi Konsulindo Sukses Makmur untuk
menilai pengaruh kualitas jasa, komunikasi dan fasilitas terhadap kepuasan
konsumen. Pengumpulan data secara pribadi akan menggunakan alat survei yakni
kuisioner di lokasi penelitian. Statistik deskriptif dilakukan untuk menguji data
dengan menggunakan SPSS versi 25. Penganalisan data terdiri atas uji validitas, uji
reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas jasa, komunikasi dan fasilitas berpengaruh langsung dan parsial
terhadap kepuasan konsumen. Secara masing-masing kualitas jasa mempengaruhi
kepuasan konsumen secara signifikan dimana t hitung 2,256 > t tabel 1,976,
komunikasi mempengaruhi kepuasan konsumen secara signifikan dimana t hitung
4,758 > t tabel 1,976, fasilitas mempengaruhi kepuasan konsumen secara signifikan
dimana t hitung 3,192 > t tabel 1,976. Kualitas jasa, komunikasi dan fasilitas
berpengaruhi positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dilihat dari nilai
uji f dimana f hitung 47,157 > f tabel 2,67.