Abstract :
Perusahaan yang bergerak di bidang penjualan laptop saat ini sudah sangat banyak
terutama di Batam, tetapi nama perusahaan juga tidak selalu menjamin akan
mudah mendapatkan kepercayaan dari pihak konsumen. Konsumen dan pihak
mitra bisnis adalah dua sumber yang sangat penting didalam suatu bisnis
purnajual. Agar kepuasan konsumen dapat tercapai maka perusahaan harus bisa
memberikan pelayanan, ekuitas merek dan kualitas produk yang baik. Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, ekuitas merek, dan
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen PT. Kristal Komputerindo Perkasa.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling
dengan jumlah sampel 311 responden. Alat ukur yang digunakan adalah skala
likert 5 poin. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi
linear berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for the
Social Sciences) versi 25. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen
dengan nilai Thitung positif sebesar 2.279 Ttabel 1,968 dan nilai signifikansi 0,023 <
0,05, ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen dengan nilai Thitung positif sebesar 2.297 > Ttabel 1,968 dan nilai
signifikansi 0,022 < 0,05, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Thitung positif sebesar 2.738 > Ttabel
1,968 dan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 serta kualitas pelayanan, ekuitas merek
dan kualitas produk secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen dengan nilai Fhitung positif sebesar 132,656 lebih > Ftabel 3,03
dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (F. sig 0.000 < ? 0,005).