Abstract :
Pada tahun 2021, pertumbuhan perekonomian dan keteknologian yang ada di
Indonesia terjadi dengan sangat pesat. Salah satu pertumbuhan teknologi yakni
internet. Pertumbuhan teknologi ini membuat kebutuhan orang-orang terhadap
internet semakin melambung tinggi. Dengan menggunakan internet, berbagai jenis
aktivitas yang banyak dilakukan akan semakin lebih mudah. Internet ini sangat
mudah dipakai dan diakses oleh berbagai macam jenis kelamin, umur dan berbagai
jenis pekerjaan seperti digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor sampai
dengan melakukan transaksi. Dari kebutuhan orang-orang akan internet, membuat
berbagai jenis perusahaan yang muncul untuk meraih keuntungan. Karena itu, telah
banyak muncul situs belanja online yang dapat dinikmati oleh konsumen di
Indonesia. Beberapa situs e-commerce mulai saling bersaing untuk menarik
konsumen, sehingga setiap tahun pengunjung e-commerce selalu mengalami
kenaikan dan penurunan. Berdasarkan Iprice Insight pada Q4 2020, Shopee
memiliki jumlah pengunjung terbanyak dibandingkan Tokopedia. Pada Q2 2021,
pengunjung Tokopedia mengalami peningkatan dan Shopee turun ke posisi kedua.
Pada riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
kepercayaan terhadap minat beli konsumen pada situs belanja online baik secara
simultan maupun parsial. Hasil data ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
kepada 385 responden. Metode analisis untuk pengelolaan data dalam penelitian ini
digunakan analisis hipotesis regresi linier berganda dengan menggunakan uji T dan
F menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari riset ini membuktikan bahwa
secara simultan dan parsial kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli konsumen.