Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan,
brand image , dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa grab di kota
Batam. Metode penilitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara penyebaran kuesioner terhadap 204 responden. Hasil penelitian ini
menunjukkan nilai R square sebesar 0,793 atau 79,3% dari hasil tersebut diketahui
kualitas pelayanan, brand image dan promosi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian sebesar 79,3% dan selebihnya sebesar 0,207 atau 20,7% dipengaruhi
oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil pada uji t kualitas pelayanan
mempunyai nilai signifikan 0.232 > 0,05 dan t hitung 1,199 < t tabel 1,971 artinya
bahwa variabel kulitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Variabel brand image mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t
hitung 4,111 < t tabel 1971 artinya yaitu variabel brand image berpengaruh
signifikn terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi mempunyai nilai
signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung 9,735 > t tabel 1,971 artinya yaitu bahwa
promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F
hasil yang diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 255,044
> nilai F tabel 3,04 artinya bahwa variabel kualitas pelaayanan, brand image dan
promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.