Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh Kualitas Pelayanan,
Pemeriksaan Dan Penagihan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP
Pratama Batam Selatan. Populasi penelitian ini berjumlah 346.894 wajib pajak
pribadi, dan sampelnya ditentukan dengan menggunakan rumus slovin yaitu
berjumlah 400 wajib pajak. Hasil uji parsial kualitas pelayanan diperoleh nilai t
hitung sebesar -0,101<1,965 t tabel serta nilai signifikan 0,920 > 0,05 yang artinya
variabel kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib
pajak, pemeriksaan diperoleh nilai t hitung yakni sebesar 4,262 >1,965 t tabel serta
nilai signifikan 0,000 < 0,05 ,yang artinya variabel pemeriksaan berpengaruh
signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak,dan penagihan pajak diperoleh nilai t
hitung sebesar 10,691 >1,965 t tabel serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 , artinya
variabel penagihan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Hasil uji simultan diperoleh nilai kualitas pelayanan, pemeriksaan dan penagihan
pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di peroleh nilai sebesar
nilai f hitung 61,113 > 2,605 nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji
determinasi diperoleh nilai sebesar 0,793 ataupun 79,3% artinya terdapat pengaruh
variabel kualitas pelayanan, Pemeriksaan dan Penagihan pajak Terhadap kepatuhan
wajib pajak sebesar 79,3%. Dan sisanya sebesar 20,7% dipengaruhi oleh variable
lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini.