Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Siburian, Nicholas Arnold Leonardo
Subject
658.4013 Manajemen Kontrol dan Kualitas
Datestamp
2024-11-25 06:32:09
Abstract :
Perkembangan usaha saat ini menimbulkan persaingan yang signifikan. Hal itu
menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk memiliki strategi bisnis yang tepat
dalam memenuhi target volume penjualan serta keuntungan. Salah satunya ialah
perkembangan usaha di bidang jasa penyewaan lapangan. Persaingan usaha ini di
Indonesia mulai ketat, khususnya di Kota Batam sebagai daerah yang beraneka
jenis usaha, yang membuat persaingan diantara konsumen local maupun global.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Planet Futsal Batam secara parsial
dan simultan. Sampel dari konsumen Planet Futsal Batam sebanyak 181
responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental
sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian
ini diketahui dimana hasil uji t untuk fasilitas 3,671 > ttabel 1,653 nilai signifikan
0,000 < 0,05 dan kualitas pelayanan 9,103 > 1,653 nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Dari hasil penelitian fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen (H1 diterima) dan kualitas pelayanan secara parsial
juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H2
diterima). Hasil uji f dimana fhitung 343,938 > ftabel 3,04 dan nilai signifikansi 0,000
< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (H3 diterima)