DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Planet Futsal Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Siburian, Nicholas Arnold Leonardo
Subject
658.4013 Manajemen Kontrol dan Kualitas 
Datestamp
2024-11-25 06:32:09 
Abstract :
Perkembangan usaha saat ini menimbulkan persaingan yang signifikan. Hal itu menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk memiliki strategi bisnis yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan serta keuntungan. Salah satunya ialah perkembangan usaha di bidang jasa penyewaan lapangan. Persaingan usaha ini di Indonesia mulai ketat, khususnya di Kota Batam sebagai daerah yang beraneka jenis usaha, yang membuat persaingan diantara konsumen local maupun global. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Planet Futsal Batam secara parsial dan simultan. Sampel dari konsumen Planet Futsal Batam sebanyak 181 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini diketahui dimana hasil uji t untuk fasilitas 3,671 > ttabel 1,653 nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan kualitas pelayanan 9,103 > 1,653 nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H1 diterima) dan kualitas pelayanan secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H2 diterima). Hasil uji f dimana fhitung 343,938 > ftabel 3,04 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (H3 diterima) 
Institution Info

Universitas Putera Batam