Abstract :
Keputusan pembelian merupakan tahapan awal yang akan dilakukan konsumen
dalam melakukan pembelian, yang mana hal ini berkaitan langsung dengan
pendapatan yang diraih oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan agar dapat
mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Tiban
Ciptaland Batam, pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada
Alfamart Tiban Ciptaland Batam. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif.
Dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 140 responden yang merupakan
konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamart Tiban Ciptaland. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini sudah dilakukan pengujian validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Penelitian ini memiliki hasil bahwa variabel Promosi berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Tiban Ciptaland
Batam. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung yang besarnya adalah 12,529
dengan nilai signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0.05); dan variabel
citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada Alfamart Tiban Ciptaland Batam. Pernyataan ini didapatkan
berdasarkan nilai t hitung yang besarnya adalah 7,528 dengan nilai signifikasi 0,000
yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0.05); Promosi dan Citra merek berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Tiban
Ciptaland Batam, pernyataan ini didapatkan dari nilai f hitung yang besarnya adalah
209,338 dengan nilai signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0.05)