Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Marbun, Strahel Idauli Kristin
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran
Datestamp
2022-10-29 01:56:46
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan,
kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan maxim di
Kota Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif .
Populasi yang digunakan terdiri dari 408.003 responden pengguna maxim di Kota
Batam Kecataman Sagulung dan Batam Kota. Sampel penelitian ini sebanyak 400
responden pengguna maxim Kota Batam Kecataman Sagulung dan Batam Kota
dengan menggunakan rumus slovin. Kuisioner digunakan sebagai teknik
pengumpulan data. Dengan menggunakan software SPSS 25, teknik analisis data
meliputi uji statistic deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh,
dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier berganda, kualitas
pelayanan (X1) berpengaruh sebesar 0,248 atau 24,8 % terhadap kepuasan
pelanggan (Y) Maxim Kota Batam , kualitas produk (X2) berpengaruh sebesar
0,301 atau 30,1 % terhadap kepuasa pelanggan (Y) Maxim Kota Batam dan
promosi (X3) berpengaruh sebesar 0,280 atau 28,0 % terhadap kepuasan
pelanggan (Y) Maxim Kota Batam. Faktor kualitas pelayanan, kualitas produk
dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) Maxim Kota Batam
sebesar 68,8 % sesuai dengan data koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil
uji hipotesis diperoleh bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi
berperngaruh positif dan signifikan secara parsial ataupun simultan terhadap
kepuasan pelanggan (Y) Maxim Kota Batam.