Abstract :
Sejalan dengan teknologi dan jaringan komputer yang berkembang pesat dan
menjadi sarana untuk memenuhi dan membantu warga mencari kebutuhannya.
Salah satu pengembangan teknologi yaitu e-commerce (perdagangan elektronik),
mengacu pada kesepakatan pemrosesan dalam pembelian dan penjualan aset
dengan menggunakan jaringan komputer atau internet. Hal tersebut membuat
persaingan e-commerce sangat ketat terutama pada pengaruh citra merek dan duta
merek perusahaan berdampak terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk memahami apakah terdapat pengaruh antara variabel citra merek,
dan variabel duta merek terhadap minat beli konsumen e-commerce Blibli pada
masyarakat kota Batam. Penelitian ini menentukan total sampel sebanyak 120
responden dari pengguna Blibli di kota Batam. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ialah pembagian kuesioner kepada para responden. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan alat bantu program
aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 26. Hasil penelitian
ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel
citra merek terhadap minat beli konsumen e-commerce Blibli pada masyarakat kota
Batam, serta terdapat pengaruh positif dan sigmifikan antara variabel duta merek
terhadap minat beli konsumen e-commerce Blibli pada masyarakat kota Batam.
Secara bersamaan, terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek dan duta
merek terhadap minat beli konsumen e-commerce Blibli pada masyarakat kota
Batam.