Abstract :
Bersama dengan perkembangannya, perusahaan industri Pabrik Kelapa ini
ditunt untuk bersaingan dengan sesamaan perusahaan sejenis agar dapat
menciptakannya produk dengan spesifikasi ini terbaik untuk kepuasan pelanggan
yang terpenuhi. Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Saricotama Indonesia di
Tanjung Batu dan Batam pada PT Saricotama Indonesia. Kepuasan pelanggan,
sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, serta ditentukannya oleh kualitas
produk. Jenis penelitian ini yang digunakan ialah kuantitatif dengan populasi.
Teknik pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner kepada 150
responden/Konsumen untuk bantuk menjawab pertanyaan pada kuesioner yang
dibagi. Kemudiannya dilakukan analisis data secara kuantitatif, yaitu uji validitas
dan reliabilitas, asumsi klasik serta analisis regresi berganda, dimana pun
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, menggunakan dengan alat bantuan
hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 25. Hasil dari
penelitian ini menunjukannya bahwa ada pengaruhan kualitas Produk (X),
Pelayanan (X), dan Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil uji koefisien determinasi
menunjukkan bahwa kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2) sebesar 5.38
persen, sedangkan sisanya sebesar 4.62 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian in