Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi penjualan dan
citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan untuk meningkatkan sales
pada TOP 100 Aviari Batu Aji. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik
kuantitatif. Populasi yang dimanfaatkan terdiri dari 100 pelanggan TOP 100
Aviari Batu Aji. 110 pelanggan dijadikan sampel penelitian menggunakan metode
non-probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Dengan menggunakan
perangkat lunak SPSS 25, teknik analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji
kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil
uji regresi linier berganda, promosi penjualan berpengaruh sebesar 0,370 atau
37,0% terhadap kepuasan pelanggan (Y) dan citra merek (X2) berpengaruh
sebesar 0,395 atau 39,5% terhadap kepuasan pelanggan (Y). Faktor promosi
penjualan dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar
75,2% menurut data koefisien determinasi (R2
). Berdasarkan hasil uji t promosi
penjualan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dan
citra merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan serta
hasil uji f diperoleh bahwa promosi penjualan dan citra merek secara simultan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.