Abstract :
Perekonomian yang ada pada Indonesia, dituntut untuk lebih berkembang dalam
menjalankan kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan sehari-hari, masyarakat
menjalankan aktivitas tidak akan jauh dari barang-barang plastik. Terdapat satu
perusahaan yang bernama PT FCS RGP Plastic yang didirikan di Kota Batam sejak
tahun 2019. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan produksi skala besar yang
mengintegrasikan gulungan plastik PET, R&D, produksi, penjualan, dan layanan
palet plastik. Konsumen pada perusahaan mengalami penurunan sejak awal tahun
2021 dikarenakan produk yang ditawarkan ada yang reject berarti pengujian
kelolosan standar produk pada perusahaan masih kurang maksimal sehingga
mengakibatkan pandangan buruk oleh konsumen mengenai kualitas produk
perusahaan. Adanya proses komunikasi yang kurang lancar bersama customer
service sehingga mengalami kesalahan dalam bertransaksi sehingga mengakibatkan
keluhan oleh konsumen mengenai kualitas pelayanan buruk yang dimiliki
perusahaan. Penjualan yang menurun yang diakibatkan kepuasan konsumen yang
kurang maksimal. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh konsumen
yang ada pada PT FCS RGP Plastic berjumlah 143 konsumen. Teknik sampel
penelitian ini yakni sampel jenuh, di mana pengambilan sampel memakai
keseluruhan populasi. Disimpulkan sampelnya berjumlah 143 responden. Hasil
menyatakan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT FCS RGP Plastic.
Pada uji F menyatakan kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan
rpengaruh positif dan signifikan kepuasan konsumen pada PT FCS RGP Plastic.