Abstract :
Sejalan dengan perkembangan bisnis saat ini, banyak peluang dan tantangan
bidang usaha bagi sebuah perusahan. Sebuah perusahaan harus dapat berkompetisi
dengan perusahaan lainya agar perusahaan tersebut bisa bertahan dan perusahaan
juga harus mengetahui apa yang konsumen inginkan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan
pembelian pada PT Alva Niaga Banindo. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan uji validitas dan reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi
linier berganda, uji koefisien korelasi parsial, uji t dan uji F. Jumlah sampel pada
penelitian ini adalah 115 orang. Maka kuisioner yang disebarkan oleh peneliti
kepada responden sebanyak 115 responden. Teknik sampling yang digunakan
untuk menentukan sampel adalah sampling jenuh, yang artinya semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan analisis regresi
linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung= 14,936 >
ttabel = 1,98081 dan signifikansi 0,000 < ? = 0,05. Variabel citra merek tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung= -1,821 < ttabel =
1,98081 signifikansi 0,071 > ? = 0,05. Variabel promosi dan citra merek secara
bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai Fhitung = 112.408 > Ftabel = 3,08 dan signifikansi 0,000 < ?
= 0,05.