Abstract :
Bisnis merupakan sebuah cara mengubah keuntungan dan mendorong pertumbuhan
negara. Suatu usaha patut menciptakan hal yang baru, melakukan inovasi dalam
usahanya dan mengantongi kemahiran demi menghadapi rival di luaran sana.
Sasarannya yaitu menarik minat konsumen, mengefesienkan pilihan konsumen
terhadap kepuasannya dalam menggunakan suatu jasa, serta memberikan pelayanan
yang terbaik kepada konsumen. Pemasaran termasuk aktivitas krusial membentengi
kesinambungan hidup suatu usaha. Selain itu pemasaran juga bertujuan untuk
memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Konsumen yang potensial akan
mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menggunakan barang/jasa tersebut,
beberapa faktor nya yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan dalam mencapai kepuasan
seorang konsumen yaitu memeroleh kualitas produk dan kualitas pelayanan yang baik
karena kedua hal ini yang dapat memengaruhi kepuasan konsumen bagi perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh dari kualitas produk
dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di PT Rodamas Makmur Motor
Batam. Desain dari studi ini menggunakan desain riset dan metode-metode penelitian
kuantitatif kausalitas.Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner kepada
165 responden. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, normalitas,
multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linier, t tes dan F uji melalui
aplikasi program SPSS versi 25. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kualitas produk
(X1), kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh parsial, simultan dan signifikan
pada kepuasan konsumen (Y). Hasil tes koefisien penentuan menunjukkan bahwa
kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2) dengan 55,6 persen, sedangkan sisanya
44,4 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini.