Abstract :
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek,
kepercayaan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan
pada pengguna Gojek di Kota Batam. Instrumen yang digunakan pada penelitian
ini untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dengan jumlah responden 394
orang. Dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji
kualitas data, analisis regresi linier berganda dan pengujian koefisien determinasi
(R2
) digunakan untuk bereksperimen dengan uji asumsi klasik dan untuk menguji
pengaruhnya, sedangkan pengujian uji t dan uji F untuk menguji hipotesis dengan
menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil dari pengujian koefisien determinasi
dari Adjusted (R2
) menunjukkan bahwa citra merek, kepercayaan dan nilai
pelanggan berpengaruh 12% terhadap Kepuasan pelanggan. Sedangkan citra
merek (X1) berpengaruh 14,7% terhadap kepuasan pelanggan (Y), kepercayaan
(X2) berpengaruh 19,3% terhadap kepuasan pelanggan, dan nilai pelanggan (X3)
berpengaruh 31% terhadap kepuasan pelanggan dari hasil uji regresi linier
berganda. Dari hasil uji t dan uji F dapat disimpulkan bahwa citra merek (X1)
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan
(X2) berpengaruh secara parsial signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun
nilai pelanggan (X3) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
kepuasan pelanggan dan citra merek, kepercayaan dan nilai pelanggan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Gojek di
Kota Batam