Abstract :
Pengembangan game dimulai pada 1950-an ketika para ilmuwan komputer
mulai membuat game dan simulasi yang mudah untuk diteliti atau hanya ingin
dimainkan, game pada tahun itu hanya menggunakan garis dan titik, seperti pong, dan
sejak tahun itu hingga sekarang, perkembangan game telah semakin pesat. dari game
8-bit seperti Super Mario Bros ke game yang menggunakan VR (Virtual Reality) dan
AR (Augmented Reality). Namun, hanya ada dua game yang bertahan dari awal
hingga sekarang dan ada 2 keturunan, yaitu Super Mario dan Pokemon, untuk tujuan
penelitian ini, Peneliti akan fokus pada franchise Pokemon. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk memberikan informasi pemain dan potensi Pokemon yang digunakan
pemain dan juga mengurangi waktu yang dihabiskan pemain untuk bermain game.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode model waterfall
yang meliputi Persyaratan, Desain, Pengujian, Implementasi, Verifikasi, dan
Pemeliharaan dimana desain sistem menggunakan diagram UML (Unified Modeling
Language) yang meliputi Diagram Case Case, Diagram Urutan, Diagram Aktivitas,
Diagram Aktivitas, dan Kelas Diagram. Hasil dari penelitian ini adalah program
Pokemon Stats Calculator berbasis Android yang telah berhasil dirancang sesuai
dengan tuntutan dan kebutuhan Para Pemain dan Peneliti, program Pokemon Stats
Calculator berbasis Android telah dibangun lebih efisien dan lebih efektif serta dapat
mengurangi berbagai kesalahan yang terjadi tidak seperti sebelum menggunakan
Microsoft Office Excel.