Abstract :
Peningkatan kualitas produk merupakan hal yang wajib di setiap perusahaan
untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Penelitan ini dilaksanakan di PT. Citra
Tubindo Tbk. (Kawasan Industri Terpadu Kabil, Batam) pada produk Vam Top
Connection dengan tujuan untuk menganalisis jenis ? jenis cacat yang terjadi pada
produk dan usulan tindakan perbaikan kualitas. Pada penelitian ini didapatkan 3
jenis cacat terbesar (Black Crest, Chatter and Chip) yang dianalisa. Penelitian ini
menggunakan alat dari FMEA, Fishbone Diagram, Histogram dan Pareto. Hasil
penelitian pada cacat Black Crest pada resiko dimensi ovalitty pipa yang
berlebihan dari RPN 135 menjadi RPN 27, pada resiko Squareness pada ujung
pipa dari RPN 135 menjadi RPN 81, pada resiko hasil swaging pada pipa tidak
sempurna dari RPN 243 menjadi RPN 81. Pada cacat Chatter untuk resiko Insert
penguliran yang sudah tumpul dari RPN 243 menjadi RPN, pada resiko pipa
bergelombang dari RPN 243 menjadi RPN 81, pada resiko material sulit di
lakukan penguliran dari RPN 405 menjadi RPN 45. Pada cacat Chip untuk resiko
program machining dari RPN 243 menjadi RPN 81, pada resiko Kaca pada mesin
yang kurang jelas dari RPN 243 menajdi RPN 81, untuk resiko operator tidak
melakukan penarikan Chip dari RPN 243 menajdi RPN 45. Berdasarkan
penelitian disimpulkan bahwa dari hasil analisis FMEA tahap 1 setelah dilakukan
perbaikan kualitas dengan Fishbone Diagram dan di analisis kembali dengan
FMEA tahap 2 berhasil menurunkan nilai RPN.