Abstract :
Kualitas pelayanan, faktor sosial dan faktor pribadi merupakan hal-hal yang harus
diperhatikan PT Billindo Utama dalam menghadai persaingan antar perusahan serta
harus mampu menciptakan strategi untuk meningkatkan keputusan pembelian
konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas
pelayanan, faktor sosial dan faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian pada PT Billindo Utama di Kota Batam. Besar sampel ditentukan dengan
menggunakan rumus lemeshow dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 384
konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dan
metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling.
Menggunakan analisis linier berganda dan analisis koefisien determinasi (R2
) pada
uji pengaruh, pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f menggunakan
program software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas
pelayanan, faktor sosial dan faktor pribadi secara parsial dan simultan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Billindo Utama di Kota Batam.