Abstract :
Kualitas layanan, citra perusahaan dan tingkat suku bunga PT. Bank Panin sangat
penting dalam industri perbankan, sehingga diperlukan perhatian khusus untuk dapat
bertahan dalam persaingan jangka panjang. Organisasi yang relevan dapat
menggunakan perhatian khusus ini untuk bertahan dalam persaingan, menerima
tantangan, dan berkembang dalam krisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah kualitas layanan, citra perusahaan dan tingkat suku bunga
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data utama
penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner berupa Google yang berisi 375
responden nasabah tabungan aktif, dan metode pengambilan sampel yang digunakan
adalah random sampling. Untuk menghasilkan nilai yang cukup, penelitian ini
menggunakan metode analisis statistik SPSS 25 versi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan, citra perusahaan dan tingkat suku bunga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Beberapa kualitas layanan
berdampak positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Citra
perusahaan berpengaruh positif dan penting terhadap loyalitas nasabah, sedangkan
suku bunga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah.