Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Lumban Gaol, Widya Astuti
Subject
362.12 Pusat Layanan Kesehatan
Datestamp
2021-05-27 05:39:51
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pelayanan Keluarga Berencana dan apa saja kendala yang di hadapi oleh Badan
Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam melaksanakan pelayanan
KB dikecamatan Sagulung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data
deskriptif kualitatif sesuai data yang diperoleh peneliti di lapangan. Data diperoleh
dalam bentuk kata, gambar, catatan, dokumen dan wawancara. Penulis
menggunakan 5 indikator pelayanan publik yang di kemukakan oleh Fitzsimmons
yaitu relibility, tangibles, responsiveness, assurance dan empathy untuk
menguraikan serta menilai bagaimana pelayanan KB yang di laksanakan di
kecamatan Sagulung. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa
pelaksanaan pelayanan Keluarga Berencana oleh BKKBN yang bekerja sama
dengan Puskesmas dan Klinik yang ada di kecamatan Sagulung Batam sudah di
laksanakan dengan cukup baik, walaupun terdapat kendala-kendala yang di
hadapi. Kendala tersebut adalah mitos yang beredar di kalangan masyarakat
tentang dampak negatif alat/obat kontrasepsi, adanya double job oleh petugas
lapangan yang menyebabkan tidak optimalnya pelaksanaan di lapangan,
kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang di
lakukan oleh BKKBN, belum adanya metode yang di ciptakan oleh BKKBN
untuk memastikan alat/obat kontrasepsi cocok bagi setiap pengguna.