Abstract :
Pemilik usaha hotel harus mampu menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik
agar pelanggan merasa nyaman dan datang kembali ke hotel tersebut, selain itu
fasilitas yang memadai dan nyaman juga sangat diperlukan, kepuasan pelanggan
merupakan hal utama yang mampu membuat pelanggan datang kembali atau loyal
terhadap hotel. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai
pengaruh kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) dan kepuasan pelanggan (X3)
terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Batam City Hotel. Metode yang peneliti
gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data
melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini mempunyai 35.912 populasi dan setelah
dihitung dengan menggunakan rumus slovin, maka sampel yang didapatkan sebanyak
100 sampel .Penelitian menggunakan alat pengolahan data yaitu SPSS versi 26
dengan hasil penelitian diketahui t hitung 1,942 > 1,66023 dan nilai signifikansi yaitu
0,055 > 0,05 yang artinya bahwa secara parsial kualitas pelayaan berpengaruh positif
dan tidak signifikian terhadap loyalitas pelanggan Batam City Hotel. Fasilitas
diketahui t hitung 4,409 > 1,66023 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 yang
artinya fasilitas berpengaruh positif dan signifikian terhadap loyalitas pelanggan
Batam City Hotel. Kepuasan pelanggan diketahui t hitung 2,818 > 1,66023 dan nilai
signifikansi yaitu 0,006 < 0,05 artinya kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan
signifikian terhadap loyalitas pelanggan Batam City Hotel, serta terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, hal tersebut dapat di lihat dari nilai F hitung
dari variabel kualitas pelayanan fasilitas, dan kepuasan pelanggan sebesar 47,855 (F
hitung) > 2,14 (F tabel), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.