Abstract :
Dalam lingkungan perdagangan, pelanggan merupakan hal yang penting
untuk diperhatikan demi berkembanganya suatu perusahaan. Berdasarkan hal
tersebut maka dalam mengelola perusahaan atau organisasi, pelanggan juga perlu
diperhatikan untuk dapat bersaing dengan perusahaan atau organisasi lain.
Kepuasan pelanggan yang dijaga dengan baik tentunya akan meningkatnya
penghasilan perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
kepuasan pelanggan yaitu fasilitas dan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan PT Teno Sukses Abadi di Kota Batam. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 124 orang dan yang menjadi responden adalah
pelanggan PT Teno Sukses Abadi dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan
analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa
variabel fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 86,4% terhadap
kepuasan pelanggan. Fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan
sebesar 22,449 > t tabel 1,980 dan signifikan dengan nilai sig t sebesar 0,000 <
0,050. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan sebesar dengan nilai sebesar 14,427 > t tabel 1,980 dan signifikan
dengan nilai sig t sebesar 0,000 < 0,050. Kemudian secara simultan fasilitas dan
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan sebesar 0,000 < 0,050 dan nilai F
hitung sebesar 383,491 > F tabel 3,070 terhadap kepuasan pelanggan pada PT
Teno Sukses Abadi. Simpulan, Secara partial fasilitas dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara
simultan fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan PT Teno Sukses Abadi.