Abstract :
Berkembangnya teknologi dan informasi secara pesat membuat kompetisi dalam
dunia bisnis bertambah ketat. Untuk menghadapi persaingan tersebut, pemilik
usaha harus berusaha keras memberikan yang terbaik untuk para konsumen
mereka agar tercipta kepuasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh citra perusahaan, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan
peserta pelatihan di Yayasan pendidikan IKBAL-M-YOS Batam. Dalam
penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling
dan dihitung menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan pengambilan
sampel 5% yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 114 responden.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Desain dalam
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian
pengujian hipotesis menggunakan dukungan aplikasi SPSS versi 25. Dari hasil
analisis data, penelitian ini menghasilkan kesimpulan hasil uji t citra perusahaan
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta
pelatihan dengan hasil 4,098 > 1,981 dengan sig 0,000 < 0,05 , kualitas pelayanan
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta
pelatihan dengan hasil 5,302 > 1,981 dengan sig 0,000 < 0,05, fasilitas secara
parsial berpengaruh terhadap kepuasan peserta pelatihan dengan hasil 13,204 >
1,981 dengan sig 0,000 < 0,05. Dari hasil uji f, citra perusahaan, kualitas
pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan peserta pelatihan dengan hasil sebesar 148,648 > 2,69 dengan
sig 0,000 > 0,05.