Abstract :
Seiring dengan perkembangan zaman, data mining saat ini telah diimplementasikan
keberbagai bidang, diantaranya seperti bidang bisnis atau perdagangan, bidang
pendidikan dan telekomunikasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat
membuat semakin banyaknya pesaing dalam dunia bisnis. Seperti halnya Toko Yati
Kosmetik yang menjual berbagai macam merk kosmetik, yang masih menggunakan
cara manual dalam pendataan barang dan juga tidak mengutamakan display (tata
letak produk) juga menjadi sebuah kesulitan dalam meningkatkan penjualan
produk. Sehingga sulit untuk mengetahui produk (item) yang sering terjual dan sulit
untuk mengetahui kosmetik yang sudah tidak tersedi( Maka itu diperlukan
penerapan algoritma apriori dalam mengetahui pola kombinasi item sets yang dapat
mempermudah pasar dalam mengolah data penjualan kosmetik. Mengetahui jenis
kosmetik yang terjual paling banyak,stock kosmetik yang masih tersedia, mengatur
display produk, serta manfaat data mining dalam sistem penjualan kosmetik bagi
penjual dan pembeli. Maka itu diperlukan metode data mining untuk penerapan
algoritma apriori dengan bantuan software tanagra dalam mengolah data penjualan.
Data transaksi penjualan Toko Yati Kosmetik yang berlangsung selama tiga tahun
terakhir ini yang akan digunakan untuk menganalisa data pada penelitian ini, yakni
pada bulan Januari 2017 sampai Desember 2019. Data yang digunakan sebelumnya
adalah data yang sudah melewati tahapan seleksi terlebih dahulu oleh peneliti.
Dengan perhitungan algoritma apriori maka diperoleh hasil produk yang paling
sering dibeli oleh konsumen yaitu bedak mirabella, bedak inez, bedak maybellin,
lipstik pixy, dan lipstik make over dengan nilai minimum support 44% dan nilai
minimum confidence 80% dengan final rule yang diperoleh sebanyak 9 rules
dengan confidence 83%, 84%, dan 89%.