Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara parsial dan simultan memahami
loyalitas pelanggan antara kualitas produk, promosi dan citra merek. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokal (uji t)
dan secara simultan (uji f) antara variabel kualitas produk (X1), promosi (X2) dan
citra merek (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) di PT. Citra Mandiri
Distribusindo. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif, dan software analisis datanya adalah SPSS versi 26. Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh klien PT Citra Mandiri
yang tersebar kepada 119 responden. Dari perspektif variabel R-squared kualitas
produk, promosi, citra merek dan loyalitas pelanggan didapatkan nilai koefisien
determinasi (R2) pada model ringkasan adalah 52,6%, sedangkan signifikansi uji t
untuk variabel kualitas produk. sebesar 0,009 <0,05, variabel promosi signifikan.
0,013 <0,05 dan variabel signifikansi citra merek 0,000 <0,05, masing-masing
variabel berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji F
diperoleh hasil 44.695> 2.45 dan signifikansinya 0.000 <0.05 yang membuktikan
bahwa variabel kualitas produk, promosi dan citra merek berpengaruh signifikan
secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.