Abstract :
Fasilitas dan kualitas pelayanan merupakan faktor utama yang harus di perhatikan
di tengah persaingan yang semakin ketat, hotel bersaing mempromosikan berbagai
fasilitas yang memikat perhatian pelanggan dan memberikan kualitas pelayanan
yang baik agar dapat menciptakan kepuasan pelanggan sehingga pelanggan akan
nyaman berada di hotel. Fasilitas dan kualitas pelayanan yang tidak baik akan
membuat pelanggan berpaling ke hotel lain. Tujuan dari penelitian ini adalah
seberapa besar pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan hotel Aston Inn Gideon dengan teknik pengambilan sampel simple
randon sampling yakni pengambilan data dipilih secara acak kepada 364
responden yang disebar menggunakan kuesioner. Uji kualitas data dalam
penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realiabilitas, uji asumsi klasik dan
uji pengaruh. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda
dan analisis koefisien determinasi (R2
), sedangkan uji hipotesis dalam penelitian
ini menggunakan (uji t) dan (uji F) dengan menggunakan sofware program SPSS
versi 25. Hasil Koefisien determinasi (R2
) yang diperoleh adalah variabel fasilitas
dan kualitas pelayanan berpengaruh 84,3% terhadap kepuasan pelanggan. Dari uji
t dan uji f, maka bisa disimpulkan bahwa secara parsial fasilitas dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta
secara simultan fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan.