Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh promosi
dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT Sellindo Global Pratama yang
bergerak dibidang perdagangan alat elektronik komunikasi. Fenomena fluktuasi
tingkat kepuasan pelanggan di PT Sellindo Global Pratama menunjukkan bahwa
kepuasan pelanggan belum maksimal. Penelitian ini menggunakan dua variabel
independen yaitu variabel promosi dan variabel pelayanan. Metode teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran
kuesioner yang menggunakan metode Accidental Sampling, yang dimana populasi
dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen-konsumen yang
pernah melakukan pembelian produk di PT Sellindo Global Pratama sebanyak 154
responden. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis data seperti uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji
koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan juga dengan variabel pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Dan juga variabel promosi dan pelayanan sama-sama
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
pada PT Sellindo Global Pratama. Variabel-variabel yang terdapat dalam penelitian
ini memiliki pengaruh sebesar 41,4% terhadap kepuasan pelanggan. Sisanya
sebesar 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berasal dari luar penelitian ini.