Abstract :
Perkembangan kebutuhan jasa pengiriman produk sebagai suatu fasilitas yang
diperlukan, bahkan dijaman serba modern banyak masyarakat-masyarakan
membuka usaha online dengan itu yang sama mengirimkan produk dari satu
wilayah ke wilayah yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, ketepatan waktu pengiriman, dan
fasilitas secara simultan terhadap kepuasan pelanggan ekspedisi Lion Parcel di
Batam. Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1), Ketepatan
Waktu Pengiriman (X2) dan Fasilitas (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Metode uji pengaruh yang digunakan adalah metode analisis statistik terdiri dari
uji regresi linear berganda yaitu analisis determinasi, pengujian signifikan
hipotesis yang berdiri dari uji T dan uji F. Berdasarkan hasil analisis dapat
disimpulkan bahwa (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan karena nilai signifikansi tersebut sebesar 0,023 lebih
kecil < dari 0,05 dan nilai T hitung untuk variabel kualitas pelayanan adalah
sebesar 2,315 lebih besar > dari T tabel sebesar 1,984. (2) variabel ketepatan
waktu pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena
nilai signifikansi tersebut sebesar 0,034 lebih kecil < dari 0,05 dan nilai T hitung
untuk variabel ketepatan waktu pengiriman adalah sebesar 2,149 lebih besar >
dari T tabel sebesar 1,984. (3) variabel fasilitas berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan karena nilai signifikansi tersebut sebesar 0,000 lebih kecil <
dari 0,05 dan nilai T hitung untuk variabel fasilitas adalah sebesar 5,193 lebih
besar > dari T tabel sebesar 1,984. (4) variabel kualitas pelayanan, ketepatan
waktu pengiriman dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan karena nilai signifikansi tersebut sebesar 0,000 lebih kecil <
dari 0,05 dan nilai F hitung untuk variabel kualitas pelayanan, ketepatan waktu
pengiriman dan fasilitas adalah sebesar 171,810 lebih besar > dari F tabel sebesar
2,70.