Abstract :
Pergerakan pada kompetisi usaha terutama untuk bidang teknologi informasi yang
semakin hari semakin progresif dan berkembang dengan cepat dapat dirasakan
efeknya oleh mayoritas masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel e?commerce dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Indoland
Batam dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden.
Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner (google form). Uji kualitas
data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi
klasik dan uji pengaruh yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda dan analisis koefisien determinasi (R2), sedangkan uji hipotesis
dalam penelitian ini menggunakan (uji t) dan (uji F) dengan menggunakan
software program versi SPSS 25. Dari hasil uji t dan uji F, maka dapat
disimpulkan bahwa e-commerce secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, serta e-commerce dan
kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen di PT Indoland Batam.