Abstract :
Persaingan yang ketat dan perkembangan bisnis menuntut perusahaan memenuhi
apa yang diminati konsumen dengan menyediakan layanan yang berkualitas dan
fasilitas yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dampak
kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan nasabah pada PT Tunas Jasa
Mandiri baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan
dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden, teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sebanyak 102 responden. Uji
kualitas data yang digunakan dalam peneliti an ini adalah uji validitas dan
reliabilitas, serta analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi,
dan juga pengujian hipotesis dalam penelitian ini memakai uji T dan uji F. Uji
statistik menentukan bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan kepuasan
pelanggan berdistribusi normal, variabel bebas tidak terjadi multikolinieritas atau
heteroskedastisitas. Hasil determinasi 75,4%. Hasil pengujian t mendapatkan
point kualitas pelayanan sebesar 7,033>1,98397 atau point sig t 0,000<0,05 berarti
kualitas pelayanan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggaan dan point fasilitas 11,029>1,98397 atau point sig t 0,000<0,05 berarti
fasilitas dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggaan. Hasil uji f
mendapatkan point 155,924>3,09 serta sig 0,000 < 0,05 jadi dapat dikonklusikan
kualitas pelayanan dan fasillitas secara serentak berdampak positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan.