Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh promosi
dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di PT Indoland Batam yang
bergerak dibidang penjualan online. Fenomena fluktuasi tingkat kepuasan
konsumen di PT Indoland Batam, menunjukkan bahwa kepuasan konsumen belum
maksimal. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu variabel
promosi dan variabel kualitas produk. Metode teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner yang menggunakan
metode accidental sampling, yang dimana populasi dan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di PT
Indoland Batam dengan populasi sebanyak 632 orang dan sampel yang digunakan
sebanyak 148 responden. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis data
seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier
berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen begitu juga dengan variabel kualitas produk memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan juga variabel
promosi dan kualitas produk sama-sama secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT Indoland Batam. Variabel-variabel
yang terdapat dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 29,7% terhadap
kepuasan konsumen. Sisanya sebesar 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang
berasal dari luar penelitian ini.