Abstract :
Kesadaran merek, persepsi kualitas, dan promosi elektronik dari mulut ke mulut
dapat menjadi strategi pemasaran perusahaan atas suatu produk dan membentuk
hubungan antara produsen dan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli merek Man
Man Tang di Batam. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh 130
responden. Menggunakan regresi linier berganda untuk analisis data dan uji
validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Penelitian ini membuktikan bahwa brand
awareness, perceived quality dan electronic word of mouth mempengaruhi niat
beli baik secara parsial maupun simultan. Dari penelitian ini diharapkan
perusahaan lebih memperhatikan kualitas produk dan review konsumen untuk
meningkatkan niat beli. Metode Analisis data dilakukan dengan menggunakan
analisis regresi linear berganda. Uji kualitas data dalam penelitian ini
menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik dalam penelitian
ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas
dan uji pengaruh menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis
koefisien determinasi (R2), sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan software statistik SPSS 25.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi
kualitas, dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan
terhadap niat beli dari t hitung > t tabel dan nilai signifikan < 0,05 serta kesadaran
merek, persepsi kualitas, dan electronic word of mouth secara bersama-sama
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dari F hitung > F tabel
dan nilai signifikan < 0,05.