Abstract :
Perusahaan tentu membutuhkan manajemen untuk dapat mengatur keuangan serta
jalannya usaha tersebut. Manajemen dapat berupa Perencanaan, Pengorganisasian,
Pengarahan, dan Pengendalian. Manajemen merupakan sebuah kekuatan dalam
sebuah organisasi untuk mengelola Sumber Daya Manusia, pelaksanaan
organisasi atau kegiatan, dan menjalankan visi dan misi untuk mencapai tujuan
perusahaan. Perusahaan dapat dikatakan sukses jika memiliki manajemen yang
bagus dan mendapat kepuasaan konsumennya. Selain manajemen yang
dibutuhkan, tentu adanya teknologi canggih yang dapat membantu pekerjaan
manusia serta untuk mendapatkam informasi. Maka dari itu, perusahaan sangat
dianjurkan dalam menjaga kualitas produk dan CRM pada perusahaan untuk
mendapatan kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan
penelitian tentang pengaruh kualitas produk (X1) dan CRM (X2) terhadap
kepuasan konsumen (Y) PT Lotus Karya globalindo di kota batam. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan melakukan pengumpulan
data dengan penyebaran kuisioner melalui google form. Populasi dalam penelitian
ini adalah konsumen PT lotus karya globalindo yang berjumlah 105 responden
dengan menggunakan nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan alat
pengolah data yaitu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara
parsial menyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen, CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen. Adapun secara simultan menyatakan bahwa kualitas produk
dan CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.