Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Annisa Kamila Nurhuwaida, -
Subject
L Education (General)
Datestamp
2023-09-01 07:45:47
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan pemahaman konsep matematis
siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra
lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu,
penelitian ini juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman
konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
berbantuan GeoGebra dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional
berdasarkan kategori kemampuan spasial siswa (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian ini
merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 29 Bandung. Sampel
penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dua jenis instrumen yaitu
instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen
tes pemahaman konsep matematis dan kemampuan spasial, sedangkan instrumen non tes yang
digunakan berupa lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran
Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan
siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan
peningkatan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model
pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra dengan siswa yang memperoleh
model pembelajaran konvensional berdasarkan kategori kemampuan spasial siswa (tinggi,
sedang dan rendah).
This research aims to determine whether the improvement in students' mathematical concept
understanding using the Discovery Learning model assisted by GeoGebra is higher compared
to those using the conventional teaching model. Additionally, the study also seeks to investigate
whether there are differences in the improvement of mathematical concept understanding
between students who use the Discovery Learning model assisted by GeoGebra and those who
use the conventional teaching model based on the categories of spatial abilities (high, medium,
and low). This research adopts a quasi-experimental design with a non-equivalent control
group design. The population for this study comprises 8th
-grade students of SMPN 29
Bandung. The research sample consists of two classes: Class VIII-H as the experimental group
using the Discovery Learning model assisted by GeoGebra, and Class VIII-I as the control
group using the conventional teaching model. Data collection employs two types of
instruments, namely, test and non-test instruments. The test instruments used in this research
are tests on mathematical concept understanding and spatial abilities, while the non-test
instrument used is an observation sheet. The results of this research indicate that: (1) The
improvement in students' mathematical concept understanding who received the Discovery
Learning model assisted by GeoGebra is significantly higher compared to students who
received the conventional teaching model. (2) There are differences in the improvement of
mathematical concept understanding among students who received the Discovery Learning
model assisted by GeoGebra compared to students who received the conventional teaching
model based on the categories of spatial abilities (high, medium, and low).