Abstract :
Proyek Operasi Perawatan dan Fasiiitas Pendidikan d,laksanakan dalam
rangka meningka.kan mu.u pendidikan. merupakan garapan Direk.ora,
Inderal Pend.dikan Oasar dan Menengab Departemen Pendid.kan dan
Kebudayaan. Proyek ,ni berben.uk pembenan dana un.uk ooerasi dan
Pera.wa.an dan fas.H.as pendid.kan. yang diarabkan un.uk meninoka.kan
pendayagunaan sarana dan prasararra pendidikan agar proses belajar
mengajar berjalan lancar.
Proyek Operasi dan Perawa,an FasiL.as Pend.dikan apabila dikai.kan
dengan empa. s.ra.eg, pokok keb.jakan Departemen Pend.d.kan dan
Kebudayaan. yang .erd.r, dan peningkalan kesempatan dm ^^
penman. penmgkatan toa/te, fe/erans/ ^ ^^^ ^^
PenM?an maka proy,k 0peras, dan perawajan Fasj|tas ^ ^
men,ngka,kan kesempa.an dan periuasan pend.dikan. serta men.ngka.kan
kual.tas. releyansi. efek.ivitas dan efis.ensi pendidikan.
??? ^caeDui. rndKa Deneitian i? h0^...-. ??
mendaoatkan gambaran deskriptio tentang oengeiolaan n^w^*- ?r_
aan fasiiitas pendidikan mefalui proyek ooerasi Derawatan -^ ,_.,,
pci puiuirvan UiKflasmen
Metoda peneiitian yang digunakan adalah metoda Deskriptif Analisis,
yakn, melaksanakan peneiitian dengan oara menggambarkan / memaparkan
keadaan yang sebenarnya yang sedang berlangsung berdasarkan data dan
fakta yang obyektif. dimana data dan informasi ditelaah secare mendalam un.uk
mendapatkan hasil peneiitian sesuai dengan harapan peneliti.
Peneiitian berlokasi di Kabupa.en Garut. melingkupi 31 Kecamatan, dan
membawah, ,08 SLIP. Sumber data diperoleh dari Kakandepdikbud
Kabupaten Garut. Pemimpin Proyek Kabupaten dan Pemimpin Bagian Proyek
Kabupaten, serta para Kepala SLTP penerima dana perawatan dari Proyek
Operasi Perawatan Fasiiitas Pendidikan
Jumlab sumber data diambil secara sampel purposif, tidak dipastikan
oieh banyaknya responden, tetap, lebih ditentukan oieh kecukupan data dan
informas, yang terkumpul.Data terkumpui melalui tehnik wawancara, observes,
dan stud, dokumentas,. Untuk memperoleh keapsahan hasil penel.tian penulis
melakukan pengujian validitas data dengan tehnik trianggulasi, kecukupan
referensi. dan member check Sedangkan analis.s data dilakukan melalui
tahapan reduksi. unityzing. kategor.sasi, dan penafsiran.
Adapun hasil peneiitian ini adalah sebagai berikut:
Pembuatan rapbs yang menjadi dasar perencanaan manajemen
perawatan pendidikan di sekoiah. t.dak mengembangkan kreat.yitas kepala
sekotah. karena terlalu kaku oieh pera.uran yang berlaku dan pembuatannya
tioaK mehbatkan unsur-unsur BP3. Guru. OSiS. dan masyarakat. sehingga
^??, maic^a ifciiiDat aaiam peiaksanaan perawatan sekoiah.
Perencanaan anggaran yang beriaku pada bulan April sampai Maret
tahun berikutnya, akan tetap, dana baru didistribusikan pada bulan Juni dan
Desember, sehingga mempengaruhi jadwal kegiatan yang telah dibuat.
Sistim penunjukkan langsung dalam pelaksanaan rehab ringan kadang
dapat memberikan peluang kepada kontraktor yang ditunjuk untuk
menyerahkan tanggung jawabnya kepada sub kontraktor sehingga hasil rehab
tersebut sering berada dibawah standard.
Kurang dilaksanakannya pengawasan, dan kaluapun pengawasan itu
dilakukan biasanya dititik beratkan kepada keadaan fisik dan kelengkapan
administrasi saja.
Jarang dilakukan pengawasan secara cross check, akibatnya terjadi
peiuang-peiuang untuk melakukan penyelewengan (satu kegiatan dengan
beberapa tanda bukti pembayaran untuk digunakan sebagai pertanggung
jawaban terhadap sumber-sumber dana yang beriainan).
Sering teriambatnya peng SPJ an . mengakibatkan terlambatnya
pendistribusian dana treament berikutnya.
Berdasarkan temuan permasalahan tersebut, diajukan rekomendasi
agar rDiberikan kreatifitas dan pengembangan inislatif sekoiah dalam
merencanakan perawatan bagi sekolahnya sendlri dengan mellbatkan
unsur-unsur BP3. Gum. OSIS. dan masyarakat. Seiain hai tersebut oenu
dibenahi puia pendistribusian. pengawasan serta adanya sanksi bagi oengeloia
proyek ooerasi dan perawatan fasiiitas pendidikan.