Abstract :
Saiful Rohmat . 1325044 2018 Pengaruh Experiental Marketing Terhadap
Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Kawasan Objek Wisata Religi Masjid
Agung Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu, Pembimbing Utama :
Purwantoro ,SE .,M.Si dan Pembimbing Kedua : Seprini, SE., MM
Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha
peningkatan pendapatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan
alam dan budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor pariwisata. Hal ini
dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan dan
sangat berpontensi untuk dikembangkan sebagai salah satu asset bagi daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Experiental Marketing
Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Kawasan Objek Wisata Religi
Masjid Agung Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. Teknik sampling
menggunakan non prohability sampling dengan tipe accidenial sampling. Non
probability sampling suatu metode pengambilan sampel dimana peneliti tidak
memberi kesempatan yang sama pada anggota populasi untuk dipilih menjadi
anggota sampel, dalam penelitian ini sampelnya yaitu 100 responden. Untuk
menguji digunakan analisis Regresi Linier Berganda. Dari penelitian disimpulkan
Secara simultan variabel bebas yaitu pancaindra, perasaan, berfikir, kebiasaan dan
hubungan/pertalian bersama-sama berpengaruh terhadap minat berkunjung
kembali pada Masjid Agung Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu, Nilai R
squre sebesar 0,376 yang artinya 37,6%pancaindra, perasaan, berfikir, kebiasaan,
hubungan/pertalian mempengaruhi minat berkunjung kembali Masjid Agung
Islamic Centre Pasir Pengaraian, sedangkan sisanya (100%-37,6%= 62,4%)
dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dari nilai F
hitung sebesar (11,311 > Ftabel (2,61) dan nilai sig lebih kecil dari nilai
probabilitas 0,05 atau nilai 0,000<0,05; maka H01 diterima, berarti secara
bersama-sama (simultan) variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel
terikat. Hasil uji parsial (uji t) hitung dari ke lima variabel hanya variabel panca
indra, perasaan dan hubungan/pertalian yang mempunyai perngaruh yang
signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Objek Wisata Masjid Agung
Islmic Centre Kabupaten Rokan Hulu.
Kata kunci : Experiental Marketing dan Minat Kunjungan Ulang