DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RAMBAH SAMO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Total View This Week52
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
EVI SINTIA RAMADANI, -
Subject
 
Datestamp
2019-12-18 05:07:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rambah Samo tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain Randomized Control Group Pre-test Post-test Design. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A D sebagai kelas kontrol. Untuk hasil uji kesamaan dua rata-rata post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t = 2,168, sedangkan t tabel dengan taraf signifikan = 0,05 sebesar 1,670 (t ). Jadi, H a diterima dan H ditolak. Persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 78% dengan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa. 0 hitung hitung > t tabel 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian