Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
guided inquiry terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Rambah Samo tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis
penelitian adalah eksperimen semu dengan desain Randomized Control Group
Pre-test Post-test Design. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive
Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII
A
D
sebagai kelas kontrol. Untuk hasil uji kesamaan dua
rata-rata post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t
=
2,168, sedangkan t
tabel
dengan taraf signifikan = 0,05 sebesar 1,670 (t
).
Jadi, H
a
diterima dan H
ditolak. Persentase keterampilan proses sains siswa
sebesar 78% dengan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar kognitif dan
keterampilan proses sains siswa.
0
hitung
hitung
> t
tabel