Abstract :
Okta Purnama Sari. NIM: 1525090. 2019. Pengaruh Atribut Produk,
Kepuasan Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching
Konsumen Handphone Nokia Kemerek Lain Di Kelurahan Pasir Pengaraian.
Pembimbing I: Purwantoro, SE., M.Si dan Pembimbing II: Arrafiqur
Rahman, SE., MM
Penelitian ini ingin membuktikan lebih lanjut bagaimana implikasi atas
hasil hipotesa yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu pengaruh atribut produk,
kepuasan konsumen dan variety seeking terhadap brand switching konsumen
handphone nokia kemerek lain di Kelurahan Pasir Pengaraian.Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Pasir Pengaraian yang sudah
melakukan brand switching handphone merek Nokia ke handphone merek lain.
Jumlah sampel yang ditetapkan sebesar 100 orang responden. Penentuan jumlah
sample ini didasarkan pada teknik convenience sampling. Variabel independen
dalam penelitian ini atribut produk (X1), kepuasan konsumen (X2), variety
seeking (X3) dan variabel dependen brand switching (Y). Tehnik pengumpulan
data menggunakan observasi dan menyebarkan akngket/kuesioner. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil analisis regresi
linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,246 + 0,966X1 + 0,443X2 ?
0,694X3. Secara simultan, diperoleh F-hitung 1017,3030 menunjukkan atribut
produk, kepuasan konsumen dan variety seeking secara bersama-sama
berpengaruh terhadap brand switching konsumen hanphone nokia kemerek lain di
Kelurahan Pasir Pengaraian. Secara parsial, diperoleh t-hitung atribut produk
9,712, kepuasan konsumen 4,762 dan variety seeking -7,077. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 96,9% brand switching dipengaruhi oleh atribut produk,
kepuasan konsumen dan variety seeking, sedangkan sisanya 3,1% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari
penelitian ini atribut produk, kepuasan konsumen dan variety seeking berpengaruh
signifikan terhadap brand switching konsumen handphone nokia kemerek lain di
Kelurahan Pasir Pengaraian. baik pada pengujian secara parsial (uji t) maupun
pengujian secara simultan (uji F).
Kata Kunci: Atribut produk, kepuasan konsumen, variety seeking, brand
switching