Abstract :
Ahmad Yani/1425076/2019/ Penerapan Marketing Mix Pada Industri Kecil
dan Menengah Produk Ikan Salai Baung (Studi Kasus Minan Salai Di Desa
Ulak Patian). Pembimbing Utama : Yulfita A?ini, SE.,MM Dan Pembimbing
Kedua : Arrafiqur Rahman, SE., M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan marketing mix pada
industri kecil dan menengah produk ikan salai baung (Studi Kasus Minan Salai Di
Desa Ulak Patian). Sampel penelitian ini yaitu pelanggan Minan ikan salai baung
di Desa Ulak Patian 2016-2017 yang minimal berbelanja 3 kali, karena dianggap
pembeli tersebut setia atau loyal terhadap produk yang dijual adapun jumlahnya
populasi sebanyak 54 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan
sensus. Analisis data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert dan
pengujian menggunakan analisis deskriptif secara porsentase pada tanggapan
responden. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan
marketing mix pada industri kecil dan menengah produk ikan salai baung (Studi
Kasus Minan Salai Di Desa Ulak Patian) masih berkategori cukup baik dengan
nilai rata-rata TCR sebesar 59,67%. Adapun nilai tertinggi pada pada produk
dengan nilai 65,41%.. Selanjutnya, disarankan pada promosi ikan salai baung
pada usaha Minan masih berkategori cukup baik ditingkatkan melalui pemberian
brosur atau selebaran kertas, dan Tempat penjualan ikan yang perlu ditingkatkan
yaitu pada lokasi dari tempat yang sangat memudahkan untuk melakukan
pembelian.
Kata Kunci : Produk, harga, promosi dan tempat.