Abstract :
Konsep relasi dan fungsi pada kurikulum matematika sekolah pertama
kali diterima oleh siswa dikelas VIII. Dalam evaluasi tentang pemahaman siswa
dalam materi konsep relasi dan fungsi, terdapat kesalahan-kesalahan yang
dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta,
konsep, operasi, dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi yang
dilakukan siswa kelas VIII MTs Ash-shohibiyah Bangun Purba. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif, dengan observasi, tes soal dan wawancara sebagai
instrumen pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII A dengan jumlah 23 orang siswa. Siswa yang melakukan kesalahan
fakta berjumlah 22 siswa (95,65%), kelsalahan konsep 13 siswa (56,53%),
kesalahan operasi 3 siswa(13,04%), dan kesalahan prinsip 4 siswa (17,39%).
Dalam hal ini peneliti mengambil 3 orang siswa yang paling banyak melakukan
kesalahan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
melakukan semua jenis kesalahan. Yang paling banyak terjadi adalah kesalahan
fakta dan kesalahan konsep. Siswa belum mampu menuliskan simbol-simbol
matematika. Siswa juga masih kesulitan membedakan relasi, fungsi, dan tidak
keduanya. Pada materi fungsi, penggunaan langkah- langkah yang dilakukan
siswa kurang tepat sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan siswa belum
menguasai materi fungsi dengan baik.