Abstract :
Gas buang kendaraan adalah salah satu penyebab polusi udara di dunia yang disebabkan
oleh pembakaran yang tidak sempurna. Untuk itu diperlukan turbocharger untuk menghasilkan
daya yang lebih baik sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Dalam hal ini
mesin diesel Pajero sport type 4D56 commonrail yang digunakan sebagai alat uji. Tujuan
penelitian ini agar mengetahui seberapa besar Performa Turbocharger pada kendaraan Pajero
Sport 4D56 Commonrail dalam menghasilkan keluaran daya, torsi yang optimal dan juga
pemakaian bahan bakar (fc). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data
dan analisis pengolahan data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa turbocharger dapat
menaikkan daya maksimum sebesar pada 117,47 kW pada 4000 rpm, dan tanpa turbocharger
didapat sebesar 96,16 kW pada 3500 rpm, untuk torsi maksimum yang menggunakan
turbocharger sebesar 331,47 Nm pada 2750 rpm, dan tanpa turbocharger 279,55 Nm pada 2750
rpm, untuk pemakaian bahan bakar juga didapatkan selisih pemakaian bahan bakar 0,14 Liter/Km
lebih irit menggunakan turbocharger dibanding tanpa turbocharger pada putaran mesin 4000 rpm.