Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Dalam penelitian ini yang menjadi
Responden atau sampel adalah 76 orang pelanggan PT. Multi Mas Cabang
Pekanbaru yang ada di Kabupaten Rokan Hulu dan satu orang informan yaitu
distributor pupuk yang sudah lama bekerja pada PT. Multi Mas Cabang
Pekanbaru yang mengetahui tentang kualitas produk dan Kualitas Pelayanan yang
diberikan PT. Multi Mas Cabang Pekanbaru,Setelah data penelitian yang
diperlukan terkumpul baik melalui kuesioner maupun melalui wawancara,
kemudian data dari kuesioner diolah melalui program SPSS 21 dan dianalisis
secara deskriptif dengan hasil dari wawancara dengan informan.
Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sesuai dengan hasil Uji t
terhadap Variabel kualitas produk diperoleh Perbandingan nilai t hitung = 7.133 >
t tabel = 1.993, maka berarti terdapat pengaruh signifikan kualitas produk
terhadap loyalitas Pelanggan demikian juga dengan hasil Uji t terhadap Variabel
kualitas pelayanan diperoleh hasil Perbandingan nilai t hitung = 8.950 > t tabel =
1.985 maka berarti terdapat juga pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap
loyalitas Pelanggan
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan