Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa pada pembelajaran fisika setelah diterapkan penggunaan model
pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu aplikasi powtoon. Penelitian ini
dilakukan di SMAN 1 Rambah Hilir pada siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah
30 siswa. Desain penelitian ini adalah bentuk penelitian pre - eksperimental desain
one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal (pretest dan
posttest). Setelah data diolah untuk kemampuan pemecahan masalah siswa nilai
presentase pretest 42,53% dan termasuk dalam kriteria kurang, setelah diberi
perlakuan/treatment hasil posttest siswa memperoleh presentase 73,20% dan
masuk kriteria baik. Maka dapat menunjukkan adanya peningkatan nilai pretest
dan postest dengan selisih 30,67%. Penelitian ini pada kemampuan pemecahan
masalah siswa diperoleh dengan nilai N- gain sebesar 0,58 termasuk kedalam
kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
inkuiri terbimbing berbantu aplikasi powtoon dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Fisika