Abstract :
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh iklan dan word of mouth
terhadap keputusan pembelian produk wardah dikalangan mahasiswa Fakultas
Ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausatif. Populasi dari
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang membeli produk wardah.
Metode penarikan sampel dengan menggunakan snowball sampling. Teknik
analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan
menggunakan program SPSS. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier
berganda menunjukkan bahwa: (1) iklan berpengaruh secara negatif terhadap
keputusan pembelian produk wardah dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi,
(2) word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk wardah
dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dengan koefisien 0,664. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah pada pengujian secara parsial variabel yang berpengaruh
terhadap keputusan pembelian adalah word of mouth, sedangkan secara simultan
variabel iklan dan variabel word of mouth berpengaruh secara bersama-sama
terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Iklan, word of mouth, keputusan pemelian