Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru biologi terhadap
pembelajaran yang memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se
Kecamatan Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi di SMA Se Kecamatan
Rambah Hilir. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh
anggota populasi dijadikan sampel dengan jumlah 5 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian persepsi guru biologi
terhadap pembelajaran yang memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa di
SMA N 1 Kecamatan Rambah Hilir nilai rata-rata persentase secara keseluruhan
sebesar 66,7% dengan kriteria baik, hasil persepsi di SMA N 2 diperoleh nilai
rata-rata persentase secara keseluruhan sebesar 71,6% dengan kriteria baik. Hasil
persepsi di SMA N 3 diperoleh nilai rata-rata persentase secara keseluruhan
sebesar 59,4% dengan kriteria kurang baik.