Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing
dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor trail di CV.
Greentech Kawasaki Cabang Bangun Jaya. Sampel penelitian menggunakan
teknik sampling aksidental, dengan jumlah responden sebanyak 86 orang.
Variabel bebas dalam penelitian ini social media marketing (X1), dan sikap
konsumen (X2), variabel terikat (Y) keputusan pembelian. Teknik pengambilan
data menggunakan metode observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS dan
diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 16.257 + 0.202 X1 + 0.619 X2 + e. Dari
hasil uji secara parsial diperoleh nilai thitung social media marketing sebesar 1.839
dan thitung sikap konsumen sebesar 4.162. Kesimpulan dari penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil pengujian secara parsial social media marketing dan
sikap konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, sedangkan secara simultan social media marketing dan sikap
konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian, besarnya pengaruh yang
ditunjukkan yaitu 20.8% sedangkan sisanya adalah 79.2% keputusan pembelian
dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model