Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi, sosial
dan budaya secara simultan terhadap keputusan konsumen untuk sewa kios di
Pasar Modern Pasir Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini adalah penyewa
kios di Pasar Modern Pasir Pengarain. Sampel penelitian menggunakan teknik
sampling jenuh sebanyak 75 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini faktor
pribadi (X1), faktor sosial (X2), faktor budaya (X3) dan variabel terikat (Y)
keputusan konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara,
kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakan. Analisis data menggunakan analisis
regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,433 + 0,222X1 +
0,206X2 + 1,078X3. Secara parsial, diperoleh t-hitung faktor pribadi 3,087, faktor
sosial 2,749 dan faktor budaya 31,236. Secara simultan, diperoleh F-hitung
727,254 menunjukkan faktor pribadi, sosial dan budaya secara bersama-sama
berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
96,8% keputusan konsumen dipengaruhi oleh faktor pribadi, sosial dan budaya,
sedangkan sisanya 3,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini faktor pribadi, sosial dan budaya
berpengaruh terhadap keputusan konsumen baik secara parsial maupun secara
simultan.