Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing,
keamanan transaksi, kepercayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
keputusan pembelian online di Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini semua
mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian yang masih aktif sampai tahun 2021,
sehingga dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 97
responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu aksidental sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan studi pustaka.
Metode analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan
uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan
adanya pengaruh variabel relationship marketing, keamanan transaksi,
kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan t
hitung (3.751, 2.146, 2.351, 2.257 ) dengan taraf signifikansi (0,000, 0,034,
0,021,0,026). Uji simultan menunjukkan bahwa relationship marketing, keamanan
transaksi, kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap
keputusan pembelian dengan nilai Fhitung (1478,6972 > 2,47). Simpulan
penelitian ini adalah ditemukannya pengaruh relationship marketing, keamanan
transaksi, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian baik
secara parsial maupun simultan