Abstract :
Jesica Yulia Putri. 1325106. Analisis pengaruh kualitas pelayanan masjid
agung madani islamic center Kabupaten Rokan Hulu terhadap minat
berkunjung kembali wisatawan. Pembimbing Utama: Yulfita aini, SE. MM
dan Pembimbing Kedua: Seprini, SE, MM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
Masjid Agung Madani Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu terhadap minat
berkunjung kembali wisatawan. Populasi dalam penelitian ini tidak bisa dtentukan
secara pasti. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan
jumlah sampel sebanyak 100 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini kualitas
pelayanan (X), Variabel terikat minat berkunjung kembali (Y). Metode
pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan (observasi) penelitian
lapangan terdiri dari kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan
regresi linear sederhana diperoleh hasil sebesar 0,218, menunjukan hubungan
yang kuat antara kualitas pelayanan dengan minat berkunjung kembali, serta
berpengaruh positif. Hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu 13,2 %,
sedangkan sisanya 86,8 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian. (1) Variabel kualitas pelayanan yang
terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Bentuk
pelayanan yang disediakan masjid agung madani islamic center kepada
pengunjung adalah dengan meninkatkan pengelolaan masjid dan fungsi masjid
sebagai tempat ibadah sekaligus aktifitas sosial umat dan ekonomi masyarakat
islam. (2) Variabel minat berkunjung kembali yang terdiri dari rencana
mengunjungi kembali, minat referensi kunjungan, memberi rekomendasi kepada
orang lain, reputasi baik dimata pengunjung.(3) hasil analisis data dengan
menggunakan regresi linear sederhana, menunjukkan kekuatan hubungan antara
kualitas pelayanan dengan minat berkunjung kembali, yaitu berkorelasi secara
positif 0,218. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan thitung lebih
besar dari ttabel yaitu thitung 3,854 > 1,984, sehingga hipotesis yang menyatakan
bahwa terjadi pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap minat
berkunjung kembali dapat diterima.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Minat