Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Mustia Sendes Novi Tahua, ACA115092
Karlinah Salamanya, 19571225 198203 2 001
Syahrianah Syahran, 19541122 198303 2 001
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-02-21 02:33:23
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada relasi dan fungsi
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya yaitu kurang dari 50% siswa yang mencapai standar
KKM sekolah yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan
mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi dengan model pembelajaran
NHT.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya sebanyak 32 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes akhir
hasil belajar. Soal tes akhir belajar sebanyak 5 butir soal ditelaah oleh 3 orang penelaah, yaitu dua
orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika UniversitasPalangka Raya dan seorang guru
matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Palangkaraya.
Aktivitas gurudan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tahun
ajaran 2019/2020 di kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya terlaksana sangat baik dengan presentase
aktivitas guru sebesar 84,14% dan presentase aktivitas siswa sebesar 78,54%. Dengan menggunakan
model pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, antusias, berani
menyampaikan pendapat dan percaya diri. Dari hasil tes akhir materi relasi dan fungsi yang diberikan
kepada 31 orang siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020, sebanyak
21 orang siswa tuntas dan 10 orang tidak tuntas. Presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal
adalah 67,74%. Sedangkan tingkat ketercapaian belajar siswa adalah 81,39% artinya penguasaan
belajar siswa secara keseluruhan terhadap materi tersebut sangat tercapai. Hal ini menunjukan bahwa
hasil belajar dengan menggunakan NHT secara klasikal meningkat dari sebelumnya kurang dari
50%menjadi 67,74%.